Minggu, 21 Agustus 2016

MAKANAN KHAS JAWA TIMUR

Makanan Khas Jawa Timur Paling Dicari

1. Rujak Cingur

rujak cingur makanan khas jawa timur dari surabaya paling terkenal
Rujak Cingur adalah salah satu makanan khas Jawa Timur asal Surabaya yang wajib sobat nikmati. Rujak cingur kuliner asli Surabaya yang paling populer dan menjadi salah satu ikon makanan khas Surabaya. Kenapa dinamakan dengan rujak cingur? Sebab, bahan utama untuk membuat rujak cingur adalah hidung (cingur) sapi. Kemudian dicampur dengan beberapa bumbu khas lainnya seperti olahan petis udang, air matang untuk sedikit mengencerkan, gula/gula merah, cabai, kacang tanah yang digoreng, bawang goreng, garam, dan irisan tipis pisang biji hijau yang masih muda (pisang klutuk). Dan dicampur juga dengan beberapa bahan lain timun, kerahi (krai, yaitu sejenis timun khas Jawa Timur), bengkuang, mangga muda, nanas, kedondong, kemudian ditambah lontong, tahu, tempe, bendoyo, cingur, serta sayuran seperti kecambah/taoge, kangkung, dan kacang panjang. Rujak cingur paling enak dimakan siang hari karena campuran buah dan sayurnya membuat segar, enak dan membuat ketagihan.
Jika mau menyantapnya langsung di Surabaya, ada satu tempat yang kami rekomendasikan namanya Warung Rujak Cingur Genteng Durasim. Warung terletak di Jalan Genteng Durasim Surabaya ini dekat dengan Pasar Genteng dan kondang sebagai pasar oleh-oleh khas Surabaya. Rujak cingur, harganya Rp 30.000. Untuk warga lokal, harga itu termasuk mahal. Apalagi warungnya juga tergolong sederhana dengan meja kayu panjang dan kursi plastik. Warung sederhana ini menyediakan aneka menu ala Jawa Timur. Selain rujak cingur dan rujak petis, tersedia sop buntut, nasi campur, lontong mie, nasi rawon, gado-gado, dan sayur asem.

2. Nasi Pecel

nasi-pecel-madiun makanan khas jawa timurMakanan khas Jawa Timur selanjutnya adalah nasi pecel yang berasal dari Kabupaten Madiun. Sebenarnya di beberapa daerah seperti Blitar, Jombang, Lamongan juga ada nasi pecel. Olahan nasi khas Madiun ini mampu menyedot banyak pecinta kuliner nusantara untuk mencicipi cita rasanya. Bumbunya sangat mantabs dan gurih, bagi yang suka pedas bisa dimakan dengan sangat pedas,  semua bahan diuleg secara alami dengan perpaduan yang sangat pas sehingga menciptakan cita rasa yang tinggi. Bahan yang digunakan seperti kacang tanah, rempah2, gula kelapa, berbagai sayuran seperti toge, daun bayam, bunga turi, kubis dan lain-lain.

3. Nasi Lodho

Nasi Lodho makanan khas jawa timur dari TulungagungJika sobat sedang berjalan-jalan ke Tulungagung, itu loh salah satu Kabuptaten di Jawa Timur yang mempunyai tempat wisata laut terkenal, namanya Kedung Tumpang, sobat harus mencoba satu makanan khas Tulungagung Jawa Timur ini , namanya adalah Nasi Lodho. Jika dilihat sekilas, nasi atau Sego lodho mirip sekali dengan kare ayam, yang membedakan hanya pada proses memasak ayamnya. Pada Nasi Lodho, ayam dipanggang/diasap terlebih dahulu kemudian baru disajikan dengan nasi atau tiwul. Sebagai pelengkap penyajian, bisa ditambahkan dengan sayuran. Saat ini ada dua macam nasi Lodho yang dijajakan di Tulungagung, yaitu lodho kuah kental dan encer. Bagaimana, tertarik mencoba makanan khas JawA Timur ini? Harus dong..

4. Ledre

Ledre dari Bojonegoro makanan khas jawa timurMakanan ringan khas Jawa Timur ini berasal dari Bojonegoro berbentuk seperti rokok cerutu dan sangat renyah ketika digigit, namanya makanannya adalah Ledre. Aneh gak sih? Bagi sobat yang baru mendengar namanya pasti terasa aneh di telinga. Tapi jangan salah sobat, rasanya gak aneh koq bagi orang Indonesia, kremes-kremes gimana gitu. Makanan khas Bojonegoro ini terbuat dari tepung beras, dicampur dengan pisang raja, gula pasir lalu santan, telur dan minyak kacang. Walaupun dengan bahan dasar pisang raja sebagai standar utamanya, namun tidak sedikit yang membuat ledre dengan pisang jenis lainnya. Selain bahan dasar tadi, ada lagi bahan tambahan lainnya yaitu waluh (labuh siam). Semua bahan utama ledre dijadikan satu dengan cara dilembutkan dan dibuat menjadi lembaran-lembaran tipis kemudian dibentuk seperti gulungan cerutu.

5. Rujak Soto

rujak soto makanan khas jawa timur daerah banyuwangi
Masakan khas Jawa Timur selanjutnya berasal dari Banyuwangi, namanya rujak soto. Koq rujak tapi soto, gimana ya? Gini Sobat, salah satu ciri makanan khas Banyuwangi adalah menggabungkan 2 makanan sekaligus. Misalnya buntut rawon, ada juga pecel rawon. Seperti itu juga rujak soto, yaitu dengan menggabungkan rujak dan soto kuning. Tapi jangan samakan rujak ini dengan rujak yang lain. Rujak soto adalah makanan tradisional Jawa Timur yang memadukan rujak sayur dengan soto babat sehingga menjadi makanan yang unik. Mau mencoba rujak soto ini secara langsung? Coba saja ke Jalan Losari, Banyuwangi, Jawa Timur. Disana terdapat beberapa kedai yang menyajikan rujak soto sebagai makanan khas Jawa Timur. Kalau tahu Pendopo Sabha Swagata (kediaman Bupati Banyuwangi), kedai terletak berdekatan dengan kediaman Bupati Banyuwangi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar